1. Menginput data satker
Pada bulan Januari sampai dengan Februari, saya Giska Atmalia Putri ditempatkan di bidang Resepsionis oleh pihak kantor.
Pada Bulan Januari 2024, saya ditugaskan oleh Kk Leccy untuk menginput data-data satker yg ingin konsultasi di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).
Apa itu Satker?
Satker merupakan bagian dari satu unit negara/lembaga bagi kuasa pengguna anggaran/barang yang melaksanakan beberapa kegiatan dari suatu program pemerintahan.
Tugas saya di resepsionis bukan hanya melayani dan menginput data-data dari para satker,,tugas lainnya yaitu menerima LPJ,fakta integritas dan menerima surat yg kemudian di antar ke bagian sekertaris serta surat-surat yang berkaitan dengan tugas para satker yg harus di tandatangani oleh pak Dendi. Disitu saya bisa mengetahui keluhan atau permasalahan apa saja yg di alami oleh para satker seperti gaji web,OTP,permasalahan di akun sakti,monitoring LPJ,rekon aset,aplikasi e-jafung dan masih banyak lagi.
2. Memeriksa LPJ
Pada bulan Januari sampai dengan Februari, saya Sri Permata Putri ditempatkan di bidang Vera ( Verifikasi dan Akuntansi ) oleh pihak kantor.
Di dalam bidang Vera terdapat beberapa mahasiswa magang dan siswa PKL.
Pada Awal Januari 2024, saya dan rekan-rekan magang lainnya ditugaskan oleh Pak Rusydi untuk memeriksa LPJ dari satker.
Apa itu LPJ?
Laporan Pertanggungjawaban Bendahara (LPJ Bendahara) adalah laporan yang dibuat oleh Bendahara Penerimaan/Pegeluaran atas uang/surat berharga yang dikelolanya sebagai pertanggungjawaban pengelolaan uang.
LPJ terdapat dua yaitu LPJ Penerimaan dan LPJ Pengeluaran.
LPJ tersebut dikirim oleh satker setiap bulannya melalui email, saya dan rekan-rekan magang lainnya memeriksa LPJ tersebut.
Ada beberapa poin yang harus di periksa dalam LPJ yaitu :
1. Harus ada dokumen LPJ
2. Harus ada dokumen Hasil Pemeriksaan Kas, hasil pemeriksaan kas harus nol, jika ada selisih harus membuat penjelasan pada kolom penjelasan yang tertera.
bulan pada hasil pemeriksaan kas harus sama dengan bulan yang ada pada LPJ
3. Daftar rincian saldo di bank pada LPJ harus sama nominalnya dengan Rekening Koran yang dikirimkan
4. Jika ada Bp Pajak maka juga harus ada dokumen tambahan yaitu dokumen Nota Konfirmasi Penerimaan Negara.
jika LPJ yang dikirimkan sudah benar, maka LPJ tersebut di download dan di buat folder sesuai dengan kode satkernya, serta memasukkan data ke dalam excel, di print, di stempel dan di tanda tangani oleh kepala seksi bagian Vera ( Verifikasi dan Akuntansi), setelah itu kami akan membalas email satker dengan LPJ yang sudah di tanda tangani oleh Kepala Seksi Vera ( Verifikasi dan Akuntansi) yaitu bapak Sri Noro Panjang.
Jika LPJ yang dikirimkan ada kesalahan maka LPJ tersebut ditolak.
3. Mengerjakan SPM KONTRAK dan SUPPLIER
Tasya ditugaskan untuk di bagian PD (pencairan dana) dimana saya mengerjakan mulai dari SPM, KONTRAK, dan SUPPLIER yang harus dilukukan adalah cekk data suplier mulai dari nama satker,kode satker supllier, nominal angka, dan no rekening satker.
Saya duduk di dalam Tim yaitu tim Pencairan dana dimana saya tidak hanya melakukan pengecheck an data jika ada supplier, tapi juga saat ada terjadi nya kontrak dan penarikan gaji induk ataupun gaji susulan dan gaji lain lain nya.
Dan pekerjaan yang saya sering dapat kan dalam waktu satu hari adalah mengerjakan SPM dimana pengerjaan ini haruss check data-data dari pihak yang bersangkutan sebelum di teruskan kepihak sekretaris.
Saya mengerjakan ini dengan menggunakan aplikasi span lalu dilanjutkan ke akun pengecekan data di website SAKTI milik kemenkeu.
4. Meneruskan surat masuk dan keluar
Saya KANAYYA APRILIA CHANTIKA
Pengalaman saya Sebulan di bulan januari 2024 di KPPN PADANG PROV. SUMBAR
Saya melaksanakan PKL di ruangan Sesi Umum
Saya duduk di bagian Sekretaris, yaitu membatu meneruskan surat masuk dan keluar, scan surat dan juga menerima tamu atasan.
Saya menerima dan meneruskan surat masuk dan keluar dari satker maupun pegawai kemenkeu.
Karena saya mendapatkan ruangan sekretaris utama, saya sering ngescan surat dari satker dan merekam fisik untuk diteruskan kepada pihak yang bersangkutan.
Saya juga mengarsipkan Spm dari sesi PD (pencairan Dana) ke Aplikasi Kemenkeu.
Nama tempat magang : Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)
Anggota:
- Giska Atmalia Putri
- Kanayya Aprilia Chantika
- Sri Permata Putri
- Tasya
0 Comments