1. Display Produk
Pada Kamis, 4 Januari 2024 saya di letakan pada departemen supermarket, Supermarket juag memiliki beberapa area yaitu mainan,alat tulis,bath and bed,perlengkapan rumah tangga,elektronik,beauty toileteris,minuman,makanan,dress.
Dari sekian banyak nya bagian area supermarket saya di tempat kan pada area peralatan rumah tangga,tapi untuk hari itu saya di suruh oleh staff untuk membantu teman saya di area bath and bed nya di bagian itu saya di ajarkan bagaimana cara melipat handuk yang benar dan bagaimana cara menata handuk dengan rapi agar konsumen tertarik untuk membeli nya.Kemudian pada hari Jumat nya di bagian peralatan rumah tangga saya di bimbing oleh kak Yenni,area ini sering di sebut dengan counter M7B.
Di sini saya di arahkan memasang barcode dan mendisplay barang kemudian pada sore hari nya saya di pindahkan pada area minuman (drink) oleh kepala supermarket,area ini saya di arahkan oleh pembimbing saya yaitu Kaka ayu bagaimana cara membendit barang,area ini sering biasa nya di sebut dengan counter M8C dan pada hari Sabtu 6 Januari 2024 saya di pindahkan lagi oleh staf pada area makanan (food) biasa nya di sebut dengan counter M8B.
Saya melakukan pemajangan makanan ringan di area M8B. Disini saya tidak hanya melakukan pemajangan makanan saja tapi juga minyak,gula dan bumbu dapur.Saya di bimbing oleh 2 instruktur yaitu kak Diana Yanti dan seorang karyawan kontrak Zacky Nalpit. Kami di sini biasa menyebutnya kakak KC.
Saya di arahkan oleh kk KC saya untuk mendisplay produk makanan,minyak dan bumbu dapur. Agar konsumen lebih mudah untuk memilih dan mencari barang yang mereka inginkan. Sebelum mendisplay produk saya di suruh untuk forwarding produk supaya tidak terjadinya expired dan menggunakan metode FIFO Saya juga membantu konsumen jika ada yang bertanya mengenai titik pemajangan suatu produk.
Selain melakukan pemajangan saya juga di bimbing untuk membuat address code barang, oleh staff supermarket bapak Dedi tiawarman.
Saya juga memeriksa produk sebelum di display apakah ada cacat atau expired, agar konsumem bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.
Pada area ini juga terdapat pengelompokan barang
Yaitu
1.Barang basic, yaitu barang yang harus ada.
2.Barang fast moving yaitu barang yang sering laku atau barang yang sering di beli banyak oleh konsumen.
3.Barang slow moving yaitu barang yang pergerakan nya lambat.
4.Barang Aging yaitu barang yang tidak terjual selama 3 bulan, biasanya barang aging ini sering di discount supaya barang tersebut terjual.
Di bagian zikratul, M7A Zikra di bimbing oleh kakak KC Henny. Di bagian ini ia mendisplay keperluan bathroom dan bedroom. Juga membuat dan menyusun address code sesuai dengan nama produk, Zikra juga di ajarkan cara menyusun rak display yang benar dan agar terlihat rapi.
Ia juga di ajarkan cara melipat handuk Agar rak display terlihat penuh walaupun produknya tidak banyak. Selain address code ia juga dibimbing staff supermarket membuat barcode barang.
Di bagian ini juga ada pengelompokan barang
1. Barang basic yaitu barang yang harus ada
2.Barang fast moving yaitu barang yang sering laku atau barang yang sering di beli banyak oleh konsumen
3.Barang slow moving yaitu barang yang pergerakan lambat
4.Barang Aging yaitu barang yang tidak terjual selama 3 bulan biasa nya barang ini sering di discount supaya barang tersebut terjual.
Saya juga melayani konsumen,dan membantu konsumen untuk mencari barang yang mereka inginkan.
2.Labeling produk
Dheny di bimbing oleh kakak Afri Yani, atau biasanya di panggil kakak Ani. Pada kids area ini Dheny mendisplay barang di table, memeriksa barang acara, dan juga mengganti pop barang acara.
Sebelum toko buka Deny membersihkan counter terlebih dahulu agar counter nyaman dan bersih. Setelahnya Deny merapikan barang yang ada di T-Stand.
Setelah selesai, Dheny lanjut untuk membantu kk Ani menangani barang masuk. Dheny di ajarkan untuk melabel barang, membuat sku jika sku produk tidak ada.
Di zona 23 ini ada bagian nya mulai dari pakaian bayi usia 0-1 tahun. Dan lanjut dengan anak usia 1-3 tahun. Dan juga pakaian anak usia remaja.
Deny juga belajar bagaimana cara mencatat barang masuk dan melakukan pembukuan nya. Mulai dari menulis nomor koli, faktur quantity, sampai dengan artikel barang. Deny juga di ajarkan cara menata T-stand dengan benar.
Dalam pakaian kids ini ternyata jika 5 bulan setelah barang masuk atau 150 hari , barang tidak terjual maka akan di jadikan barang diskon atau biasanya di sebut barang ejing.
Biasanya barang akan banyak masuk jika menjelang bulan Ramadhan atau mendekati hari'' tertentu seperti saat sekarang menjelang Imlek.
Acara Imlek Ramayana
Karena akan mendekati Imlek Ramayana mengadakan acara barongsai pada hari Senin , 5 Februari pada pukul 15:00 WIB.
Selama magang di Ramayana ini kami mendapatkan kesempatan luar biasa melihat acara barongsai secara langsung.
untuk pertama kalinya.
Ramayana Plaza Andalas Kota Padang
Tim magang Ramayana Plaza Andalas :
- Amelia Fitri Lucya
- Ardicha Suci Mayangsari
- Citra Amelia Putri
- Desi Sintia
- Desmelati
- Dheny Dahlea
- Hikmal Akbar
- Lizatul Ayyesha
- Mela Angelina
- Rivani Ramadani Putri
- Riska Yuniarni
- Zikratul Khaira
0 Comments