Kegiatan PKL Budiman Swalayan

assalamualaikum warahmatullahi

pada Kamis 04,Januari 2024
 
kami diantar oleh guru pengantar kami yaitu bapak Marwan ke tempat perusahaan dimana kami akan ditempatkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan.



Pada saat sampai dikantor pusat perusahaan yaitu Budiman Swalayan cabang Sawahan.kami diarahkan menuju ruang meating.
 kami disambut oleh Staff HRD Manager yaitu Bapak Sheva gusti
saat itu kami diarahkan tentang ketentuan berpakaian,jadwal masuk,dan ketentuan-ketentuan lainnya yang bersangkutan dengan SOP.
  pembagian tempat PKL kami. Siswa dengan jurusan bisnis ritel daring ditempatkan di Budiman Swalayan cabang Ulakarang.
 sedangkan siswa dengan jurusan akuntansi dan administrasi dagang ditempatkan di Budiman Swalayan cabang  Sawahan.

Pada Jum'at 05 Januari 2024
Dimana hari pertama kami masuk PKL 
Kami melakukan kegiatan rutin Mingguan yaitu tadarrus bersama setiap hari jum'at. dan dilanjutkan dengan briefing pagi



 selesai briefing kita dibagi untuk menempatkan area counter masing masing.

Bagian Administrasi 



Siswa yang ditempatkan di Adminstrasi ditugaskan untuk menginput data karwayan 
baik data lembur,absensi,izin karyawan,full time, dan lainnya
pemindahan data fisik ke data komputer yang dilakukan siswa selama PKL Minggu pertama 

Bagian Counter 2




Siswa yang ditugaskan menjadi pramuniaga pada Counter 2  ditugaskan untuk melayani customer,
menjaga kebersihan counternya  dan menata produk secara efisien 
pada Counter 2 merupakan produk-produk konsumsi rumah tangga mulai dari makanan pokok,Snack,dan bumbu dapur

Bagian counter 3


siswa yang ditempatkan di counter 3 bagian fresh

ditugaskan untuk menjaga kebersihan,keamanan,dan kenyamanan counternya.

memeriksa produk secara berkala mulai dari kesegaran produk buah dan sayur,tanggal expired Frozen food dan daily fresh.
 memeriksa kebersihan chiller bagian dalam,luar dan bawah
 
tidak nya menjaga produk siswa juga ditugaskan untuk melayani konsumen baik bagian packing parsel,timbangan dan memotong buah dan sayur


Bagian counter 4


siswa yang diletakan dicounter 4 atau bagian snack 
counter pada bagian ini didominasi dengan produk-produk konsinyasi atau titipan supplier UMKM/ Snack buatan lokal

pada bagian ini siswa ditugaskan untuk melayani customer,menjaga kebersihan counternya, retur barang tak layak jual


Bagian counter 5


pada Counter 5 ini diisi dengan barang-barang rumah tangga,mainan anak-anak, aksesoris,pakaian dalam. baju bayi,dan barang-barang elektronik

Siswa yang diletakan dicounter 5 ditugaskan untuk menjaga kebersihan area counternya.menjaga kenyamanan area konternya.dan menjaga keamanan counternya.

siswa yang diletakan dibagian Counter 5 ini juga ditugaskan untuk melayani customer secara maksimal.

melayani customer,
mulai dari testing barang elektronik, 
dan mainan menggunakan baterai tester
dan juga membantu customer dalam membungkus kado
 tidak hanya membantu customer dalam mencoba produk
 namun siswa counter 5 juga dapat 
membantu KPT dalam melayani 
customer via online

bagian pembongkaran barang dan memeriksa barang sesuai dengan faktur yang telah diberikan supplier.

membantu karyawan dalam membuat dokumen PO (purpose orderan) 

membantu karyawan dalam pengecekan barang tanpa barcode menggunakan komputer 

membuat barcode sesuai dengan margin yang telah ditentukan

pembuatan barcode baru dan pridecard

membuat PO (purpose orderan) untuk Budiman swalayan cabang lain atau sering disebut dengan 
perpindahan barang,

dan melakukan gruping sesuai dengan barcode yang sesuai

dan juga membantu teknisi dalam menghidupkan scanner barcode customer lantai 2



siswa magang dibudiman swalayan
1.alip fajri
2.rahma Yanti Fitri
3.nafra Ramadhani putri
4.vicky Ardiansyah
5.azrahul Fauzi
6.dinda syahromi 























 








0 Comments