pada Kamis 04,Januari 2024
kami diantar oleh guru pengantar kami yaitu bapak Marwan ke tempat perusahaan dimana kami akan ditempatkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan.
Pada saat sampai dikantor pusat perusahaan yaitu Budiman Swalayan cabang Sawahan.kami diarahkan menuju ruang meating.
kami disambut oleh Staff HRD Manager yaitu Bapak Sheva gusti
saat itu kami diarahkan tentang ketentuan berpakaian,jadwal masuk,dan ketentuan-ketentuan lainnya yang bersangkutan dengan SOP.
pembagian tempat PKL kami. Siswa dengan jurusan bisnis ritel daring ditempatkan di Budiman Swalayan cabang Ulakarang.
sedangkan siswa dengan jurusan akuntansi dan administrasi dagang ditempatkan di Budiman Swalayan cabang Sawahan.
Pada Jum'at 05 Januari 2024
Dimana hari pertama kami masuk PKL
Kami melakukan kegiatan rutin Mingguan yaitu tadarrus bersama setiap hari jum'at. dan dilanjutkan dengan briefing pagi
selesai briefing kita dibagi untuk menempatkan area counter masing masing.
Bagian Administrasi
Siswa yang ditempatkan di Adminstrasi ditugaskan untuk menginput data karwayan
baik data lembur,absensi,izin karyawan,full time, dan lainnya
pemindahan data fisik ke data komputer yang dilakukan siswa selama PKL Minggu pertama
Bagian Counter 2
Siswa yang ditugaskan menjadi pramuniaga pada Counter 2 ditugaskan untuk melayani customer,
menjaga kebersihan counternya dan menata produk secara efisien
pada Counter 2 merupakan produk-produk konsumsi rumah tangga mulai dari makanan pokok,Snack,dan bumbu dapur
Bagian counter 3
siswa yang ditempatkan di counter 3 bagian fresh
ditugaskan untuk menjaga kebersihan,keamanan,dan kenyamanan counternya.
memeriksa produk secara berkala mulai dari kesegaran produk buah dan sayur,tanggal expired Frozen food dan daily fresh.
memeriksa kebersihan chiller bagian dalam,luar dan bawah
tidak nya menjaga produk siswa juga ditugaskan untuk melayani konsumen baik bagian packing parsel,timbangan dan memotong buah dan sayur
Bagian counter 4
siswa yang diletakan dicounter 4 atau bagian snack
counter pada bagian ini didominasi dengan produk-produk konsinyasi atau titipan supplier UMKM/ Snack buatan lokal
pada bagian ini siswa ditugaskan untuk melayani customer,menjaga kebersihan counternya, retur barang tak layak jual
Bagian counter 5
Siswa yang diletakan dicounter 5 ditugaskan untuk menjaga kebersihan area counternya.menjaga kenyamanan area konternya.dan menjaga keamanan counternya.
siswa yang diletakan dibagian Counter 5 ini juga ditugaskan untuk melayani customer secara maksimal.
melayani customer,
mulai dari testing barang elektronik,
dan mainan menggunakan baterai tester
dan juga membantu customer dalam membungkus kado
tidak hanya membantu customer dalam mencoba produk
namun siswa counter 5 juga dapat
membantu KPT dalam melayani
customer via online
bagian pembongkaran barang dan memeriksa barang sesuai dengan faktur yang telah diberikan supplier.
membantu karyawan dalam membuat dokumen PO (purpose orderan)
membantu karyawan dalam pengecekan barang tanpa barcode menggunakan komputer
membuat barcode sesuai dengan margin yang telah ditentukan
pembuatan barcode baru dan pridecard
membuat PO (purpose orderan) untuk Budiman swalayan cabang lain atau sering disebut dengan
perpindahan barang,
dan melakukan gruping sesuai dengan barcode yang sesuai
dan juga membantu teknisi dalam menghidupkan scanner barcode customer lantai 2
siswa magang dibudiman swalayan
1.alip fajri
2.rahma Yanti Fitri
3.nafra Ramadhani putri
4.vicky Ardiansyah
5.azrahul Fauzi
6.dinda syahromi
0 Comments