Kegiatan Menyusun SPPD, Menginput Data Plat Nomor, Mencetak Kwitansi, Pelayanan, Serta Cek Fisik Ranmor
Apa itu SPPD?
Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) adalah Surat tugas kepada pejabat negara, Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Tidak Tetap untuk melaksanakan perjalanan dinas.
Minggu kedua kami melanjutkan PKL dengan pekerjaan yang sebelumnya sudah kami ketahui. Seperti melayani masyarakat dalam hal pendaftaran. Disana juga diketahui apakah masa pajak yang tertera di STNK masih berlaku atau tidak. Jika telah habis masanya masyarakat diarahkan untuk membawa kendaraan, KTP, STNK, dan PKB ke bagian cek fisik ranmor.Bagian loket 2 kami melakukan input data TNKB ke dalam Microsoft Excel sesuai dengan jumlah yang telah ditulis dibuku kecil sebelumnya. Data disatukan dalam satu file dengan jangka waktu perbulan. Dibagian administrasi kami membantu menyusun SPPD, menganti nomor serta isi pada SPT (Surat Perintah Tugas). Kemudian memindahkan data plat BA ke dalam buku arsip Kasi Penagihan Penerimaan serta melakukan penomoran pada BDU (Belum Daftar Ulang). Kami juga diajak ikut serta dalam kegiatan sosialisasi pajak kendaraan bermotor ke masyarakat dan pembagian jadwal SAMKEL (Samsat Keliling). Kami mendatangi langsung wajib pajak yang telah lewat masa pembayaran pajak kendaraan yang dimiliki. Kami mensosialisasikan pentingnya membayar pajak tahunan dan akibat jika tidak membayar pajak (data kendaraan akan terhapus otomatis oleh sistem) . Daerah yang dikunjungi seperti Kec. VII Koto Sei. Sarik, Kec. 2x11 Kayu Tanam, Kec. Patamuan dan lain sebagainya. Dibeberapa tempat seperti pasar, kantor camat, kantor nagari kami memasang plamflet jadwal SAMSAT KELILING.
Minggu ketiga dan keempat bulan Januari kami rolling posisi yang dimana tujuannya agar bisa bertukar ilmu dan pengalaman seperti Lutfi di bagian Cek Fisik Ranmor, Alya bagian loket 2, Rahma dan Tiara bagian pelayanan, pencetakan Kwitansi dan Membuat SPPD dan Mengisi SPT. Sebelum mengisi kwitansi langkah awalnya adalah membuat Surat Perintah Kerja yang telah ditandatangani oleh Kepala UPTD. bagian yang diisi berupa Nama yang akan ditugaskan, nomor surat disesuaikan, dan perintah kerjanya. Setelah selesai SPT tersebut barulah dilakukan pencetakan kwitansi sesuai dengan SPT yang telah diolah sebelumnya. Bagian Cek Fisik Ranmor kami melakukan pengecekan terhadap kendaraan wajib pajak. Apakah sesuai dengan nomor yang ada di PKB atau tidak, setelah itu bukti yang ada akan ditempelkan pada bukti kesesuaian. Di Minggu ini kami mendapat pengalaman dalam membuat amplop surat dinas. Yang dimana pastikan dulu suratnya telah di stempel atau belum, setelah itu tulis nomor serta kepada siapa surat ini ditujukan. Pekerjaan ini harus bersih dan rapi karena akan sampai kepada berbagai kepala perusahaan dan pemerintah. Kami juga menginput data ke dalam Microsoft Excel DAFTAR MUZAKI PERORANGAN TAHUN 2024 dengan format yang telah disediakan.
SAMSAT Kab Padang Pariaman
- Putri Ramadhani
- Alya Putri Pratama
- Tiara Putri Nelviana
- Luthfi Rahman
0 Comments