Rekap Pendapatan dan Biaya Yayasan serta Daftar Klien Non Asurans - KAP Drs. Gafar Salim & Rekan

Tidak terasa sudah sampai di pertengahan PKL, terhitung sudah hampir tiga bulan lamanya kami menimba ilmu disini. Pekerjaan kian hari tidak jauh berbeda, berputar pada pekerjaan yang seputar itu-itu saja. Hingga saat ini saya maupun Nasya masih tetap menggunakan Microsoft Excel sebagai aplikasi pendukung kerja utama. Minggu ini hanya memiliki 4 hari sebagai hari aktif kerja, dikarenakan Jum’at tanggal merah serta Sabtu memang diliburkan.

 

Pekerjaan Nasya di permulaan minggu ini adalah mencocokkan nilai/saldo Buku Besar Kas dan Bank. Untuk pekerjaan ini setidaknya sudah tiga sampai empat kali Nasya lakukan. Karena terkait harta, terlebih ini Asset yang sangat likuid, yaitu jenis aset yang dapat dengan mudah diubah menjadi uang tunai tanpa mengalami penurunan nilai yang signifikan. Sehingga memang segala bentuk pembukuan atau perekapan terkait Kas dan Bank ini perlu pemeriksaan yang teliti bahkan hingga berkali-kali.

 

Tak hanya menyinggung elemen Neraca, Nasya juga diminta untuk merekap data-data pemasukan yang berupa Pendapatan juga data pengeluaran atas biaya/beban dari suatu Yayasan. Pekerjaan ini Nasya lakukan hingga hari kamis, karena memang banyaknya Pendapatan serta Biaya yang terjadi pada suatu Yayasan. Tak hanya itu, data yang direkap adalah semua data yayasan beserta jenis-jenis dan cabang lainnya, tidak hanya data satu bagan yayasan saja. Nantinya, selesai dengan merekap Pendapatan serta Biaya dari yayasan ini, Nasya akan membuat bukti pengeluaran dari rekap tersebut. Kemungkinan akan dikerjakan pada minggu berikutnya.

 

Merekap Data Pendapatan Yayasan - (26/03/2024)

Tidak jauh berbeda dengan Nasya yang merekap Pendapatan serta Pengeluaran, minggu ini tugas saya adalah merekap Pendapatan KAP tahun 2023 sekaligus rekap Daftar Klien Non-Asurans. Jasa Non-Asurans ini adalah jasa yang dihasilkan oleh akuntan publik yang di dalamnya ia tidak memberikan suatu pendapat, keyakinan negatif, ringkasan temuan, atau bentuk lain keyakinan. Jenis jasa non-asurans yang dihasilkan oleh akuntan publik adalah jasa kompilasi, jasa perpajakan, jasa konsultasi manajemen.


Untuk menyelesaikan pekerjaan ini, kak Rani memberikan saya file Export Klien Non- Asurans pada tahun takwim sebelumnya,yaitu 2022. Karena adanya file ini tentu akan memudahkan saya dalam merekap Daftar Klien Non-Asurans karena memang data seperti Nama WP, NPWP, Alamat, Bidang Usaha serta siapa Penanggung Jawabnya sudah tertera. Langkah kerja saya yaitu:

  • Menjumlahkan terlebih dahulu total pendapatan yang diterima dari masing-masing klien (per-nama klien), karena ada beberapa klien yang menggunakan jasa Akuntan Publik hingga sembilan kali dalam satu tahun. Bisa saja untuk penyusunan Laporan Keuangan atau penyusunan SPT.
  • Jika semua telah dijumlahkan, maka pekerjaan untuk merekap klien Non-Asurans sudah bisa dimulai. Caranya yaitu dengan membuka file Export Klien Non-Asurans tadi, gunakan fitur Find untuk mencari nama klien yang ada di Rekap Pendapatan. Jika telah ditemukan, gunakan shortcut Shit+Enter untuk memblok satu baris (berisi data klien), kemudian Ctrl+X untuk cut. Pindahkan/aktifkan sel paling atas setelah judul dan tekan Ctrl + untuk menempelkan. Sehingga klien tersebut berada di daftar paling atas. Cara ini dilakukan hingga klien terakhir.
  • Selain itu, saya perlu mengganti periode awal dan akhir serta fee atas jasa yang diterima KAP. Periode disesuaikan dengan keterangan pada rekap Pendapatan/Invoice. Contoh: Peny. LK Des’21 s/d Feb’22, maka periode awalnya adalah 01/12/2021 dan periode akhirnya 28/02/2022. Untuk jenis jasa disesuaikan juga dengan keterangan, jika itu berupa penyusunan Laporan Keuangan, maka jenis jasanya adalah Kompilasi LK. Jika berupa penyusunan SPT baik Badan atau Orang Pribadi, maka masuk jenis Perpajakan. Perihal Fee Jasa, yaitu senilai total pendapatan per nama klien di Rekap Pendapatan.

Selain merekap Daftar Klien dan Pendapatan ini, tugas lainnya yang saya emban pada minggu ini adalah mengisi E-Form SPT 1771 Badan. Yaitu mengimport Aktiva Tetap pada Lampkhus 1A dari rekap AT tetap yang sudah saya buat sebelumnya. Selain itu juga mengisi Lampiran I, II, IV, V, dan VI serta Induk Lanjutan (Transkrip LK) yang angkanya bersumber dari Laporan Keuangan Desember pada tahun yang bersangkutan.


Rekap Aktiva Tetap untuk Import ke E-Form SPT 1771 - (28/03/2024)

Hanya empat hari aktif kerja, namun empat hari ini sangat bernilai harga. Karena kami juga menemui ilmu baru, meski bukan ilmu menyangkut akuntansi, setidaknya ilmu yang kami terima dapat  menambah wawasan kami.


 Tim Magang di KAP Drs. Gafar Salim & Rekan

  • Assyfa Naylatul Aqsha
  • Nasya Nur Fajri

0 Comments